4. Listing Program [Kembali]
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3','a'},
{'4', '5', '6','b'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9','c'},
{'*', '0', '#','d'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali // Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0); }
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD } }
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3','a'},
{'4', '5', '6','b'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9','c'},
{'*', '0', '#','d'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali // Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0); }
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD } }
5. Analisa [Kembali]
Analisa prinsip kerja rangkaian percobaan menampilkan input Keypad pada LCD
Analisa prinsip kerja rangkaian percobaan menampilkan input Keypad pada LCD
Prinsip
kerjanya yaitu ketika keypad telah dihubungkan dengan kaki2 output Arduino dan
kaki2 input Arduino dihubungkan dengan LCD,
setelah itu program kita buat pada Arduino yang mendeklarasikan LCD dan
keypad tersebut. Setelah program berhasil dan cocok kita buat , kita upload
program tersebut dan setelah itu ketika kita menekan angka yang tertera pada Keypad
makan pada LCD angka tersebut akan muncul.
-HTML
-Video Praktikum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar